Kata Musabab

June 21, 2018

Aku hanya seorang gadis, yang
benar katamu: tidak cantik
apalagi ingin kemayu dengan sok begini begitu
aku tidak mau menjadi musabab sakit hatimu, sungguh
hanya saja, banyak perihal kepercayaanku yang berubah
entah gegara meluruh terkikis sebab
atau menguat teringat tekad

Dikatakanlah oleh Ay,
perasaannya terkadang memang sekurang ajar itu
tanpa tendeng aling-aling apalagi sempat permisi
seperti: meski tidak ada rumusan banyak rasa di awalnya
tetapi tetap saja tetiba ada goyah di selip tengah

Mungkin ia serupa mikoriza, kataku
sementara kamu adalah bagian dari batangku
setinggi apapun kamu ingin membawaku tumbuh,
aku tidak akan bisa.
kemarau yang timbul setahun ini di iklim mikroku,
membuat akarku mengerut
bulu-bulu akarku merontok
dan air-air nutrisiku tercekat
aku membutuhkannya, yang sukarela menjadi tangan
dari bulu-bulu akarku yang patah
merekat ion ion makanan yang mengenyangkan
memberikanku kekuatan dari hal dasar yang kubutuhkan

tetapi kamu pasti paham, kan?
seluas apapun mikoriza mengcover perjalananku,
bukankah aku tetap akan besar bersama batang?

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Wreda Entri 🤡

Seracik Sakalangkong

Ayunan derap melintasi anakan tangga Menyusuri celah kusamnya debu kelas pada kaca Menerjang pekatnya tangis dalam tawa Mengijab...

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram